Pertama Kali ke Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

by - 9/13/2024 10:14:00 AM

perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

Satu-satunya hal yang benar-benar harus anda ketahui adalah perpustakaan. Demikian kalimat yang pernah dikatakan oleh Albert Einsten. Saya bukan pengikut setia seorang Einsten, nilai fisika dan matematika saya jeblok semasa SMA. Namun saya kagum dengan beliau. Berkat teori relativitas, semua pekerjaan di dunia jauh lebih mudah.

Kalimat dari Einsten tersebut terpajang di bagian dinding Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kalimat yang begitu indah, seindah fasilitas yang ada di perpustakaan Babel. Sayangnya pengunjungnya terbilang sepi, hanya satu-dua orang saja. Hal itu membuat saya leluasa mengambil banyak foto untuk dipajang di blog ini. Kunjungan pertama kali selalu spesial bagi saya, oleh karena itu saya ingin membuat artikel khusus terkait perpustakaan provinsi bangka belitung.

alamat-perpustakaan-provinsi-bangka-belitung

Sepertinya faktor lokasi menjadi penyebab mengapa perpus ini sepi. Tidak seperti Perpustakaan Kota Pangkalpinang yang dekat dengan alun-alun kota, perpus babel terletak pada area perkantoran Provinsi di Jalan Padang Baru, Kecamatan Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Kalau kalian mencari lokasinya di google maps harus menulisnya dengan lengkap "Perpustakaan Provinsi Kep. Bangka Belitung". Kalau hanya menulis sepotong-potong tidak akan ketemu.

Alasan kedua mengapa sepi, karena bangunannya baru diresmikan pada bulan Maret 2023. Makanya niat tulus saya menulis ulasan perpus ini sepersuasif mungkin, supaya yang baca tergerak datang. Sayang banget fasilitas senyaman dan selengkap ini tidak dimanfaatkan. Saya lihat di berbagai postingan di sosial media dan berita bebeberapa kali siswa-siswi melaksanakan study visits ke sini, namun itu hanya insidential, sehari saja ramai terus keesokan harinya kembali sepi.

Salam hormat kepada dinas provinsi yang membangun perpustakaan ini, saya senang sekali melihat tiap tiap pemerintah daerah menunjukkan kepeduliannya kepada literasi. 

Jam Buka Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

  • Hari Senin s.d. Kamis buka pada pukul 08.00 s.d. 16.00
  • Hari Jumat buka pada pukul 08.00 s.d. 16.30
  • Perpustakaan provinsi Bangka Belitung tutup pada hari Sabtu, Minggu, tanggal merah, cuti bersama dan libur nasional

Mendaftar menjadi anggota jika hendak meminjam buku

koleksi-buku-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

Foto di atas merupakan contoh koleksi buku di Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Buku yang sedang populer  di kalangan milenial dan gen Z. Apakah bisa meminjam buku di perpustakaan provinsi Bangka Belitung? jawabannya bisa, namun kita harus mendaftar dulu sebagai anggota. Syaratnya sangat mudah, tinggal mengisi identitas saja. Jangka waktu peminjaman adalah selama satu minggu dan dapat diperpanjang selama 3 hari. Jumlah buku maksimal yang dapat dipinjam berbarengan adalah dua buku. 

pendaftaran-anggota-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

Saya pribadi belum tertarik meminjam buku di sini, karena untuk mengembalikannya lumayan jauh. Mungkin patut dipertimbangkan untuk menyediakan fasilitas atau fitur perpanjangan lewat aplikasi seperti Perpusnas. 

online-public-access-catalog-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

Untuk koleksi bukunya kita bisa mengakses opac di komputer perpustakaan. Saat ini tiap perpustakaan milik pemerintah sudah distandarisasi sistem katalognya, pengunjung dapat lebih mudah mencari letak dan koleksi buku melalui penomoran yang dilakukan.

Terdapat Aplikasi iPusdababel

ipusdababel

Nah ini nilai tambah perpus babel, mereka punya aplikasi mandiri seperti iPusnas. Aplikasi iPusdababel mempunyai koleksi buku digital yang dapat diakses dengan gratis. Cara melakukan pendaftarannya kalian tinggal datang ke meja informasi di lantai dua. Koleksi buku digitalnya lumayan lah, bisa buat bacaan di kala senggang. Mungkin esok-lusa, koleksinya bisa lebih banyak, kita aminkan paling serius saja. 

Daftar fasilitas penunjang

Jangan heran jika melihat gerbang depan perpustakaannya masih dipagar seng, maklum perpus ini baru beroperasi satu tahun. Kalau kalian masuk ke dalam, saya pastikan kalian akan takjub dengan fasiitasnya. Bangunannya terdiri dari tiga lantai, namun di lantai tiga rak bukunya masih lowong, infonya bakal diisi dengan referensi daerah Babel.

Berikut daftarnya fasilitas penunjang perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung :

1. Reading area

ruangan-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

2. Banyak meja dan kursi

fasilitas-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

3. Toilet yang bersih

4. Ruangan ber AC

5. Ruang multimedia

6. Ruang Aula

7. Ruang anak-anak

ruang-anak-anak-perpustakaan-provinsi-bangka-belitung

8. Wifi kencang

9. Musholla di lantai satu

10. Koleksi monograf terbuka di lantai dua

koleksi-buku-perpustakaan-bangka-belitung

11. Koleksi buku referensi daerah di lantai tiga

koleksi-referensi-daerah-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

12. Rooftop

view-rooftop-perpus-babel

Dengan fasilitasnya yang nyaman dan lengkap, saya rasa pengunjung bakal tertarik untuk datang. Tinggal amplifikasinya saja yang digiatkan, kegiatan-kegiatan literasi disemarakkan. Satu hal yang pasti, petugas sangat senang jika semakin banyak pengunjung yang datang. Mendengar niat saya ingin mengulas perpus ini saja mereka menyambut baik. Bisa jadi kalau ramai terus, mereka akan menambah jam layanan di hari sabtu atau minggu. 

front-desk-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

ruang-tunggu-perpustakaan-provinsi-kepulauan-bangka-belitung

Salam takzim.


You May Also Like

0 komentar