Pertama Kali ke Perpustakaan Kota Pangkalpinang, Nyaman dan Lengkap

by - 7/07/2024 05:00:00 PM

perpustakaan-kota-pangkalpinang

Memasuki satu bulan beradaptasi tinggal di Kota Pangkalpinang, saya telah mempelajari beberapa hal. Mulai dari mencari rute tercepat dari rumah menuju kantor, berkunjung ke tempat makan yang direkomendasikan oleh banyak orang, hingga membiasakan olahraga pagi di sekitaran alun-alun kota. Ada satu bangunan yang paling menarik perhatian saya untuk singgah, Perpustakaan Kota Pangkalpinang. Lokasinya berada di jantung kota, dekat sekali dengan tugu 0 kilometer Kota Pangkalpinang. 

Meski minat baca saya masih rendah, saya menyukai berkunjung ke perpustakaan. Suasana yang tenang membuat saya betah berlama-lama. Ketika tinggal di Jakarta, nyaris setiap pekan saya sempatkan singgah ke perpustakaan cikini maupun perpustakaan nasional. Pernah saya tulis ceritanya, silahkan dibaca : Pertama Kali ke Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Sebagian isi blog ini saya ketik di Cikini.

Saya berkunjung ke perpustakaan tidak melulu untuk membaca, kadang pernah menyelesaikan tugas kuliah dan pekerjaan. Makanya saya senang sekali kalau sebuah perpustakaan dilengkapi dengan tempat co-working space. Menariknya adalah Perpustakaan Kota Pangkalpinang juga punya area seperti itu. Penasaran gak mampir ke sana? buat kalian yang sudah bertahun-tahun tinggal di Pangkalpinang namun belum sempat mampir, ayoklah mencoba. Perhatikan tips dan ulasan berikut untuk kalian yang baru pertama kali ke Perpustakaan Kota Pangkalpinang.

Jam buka Perpustakaan Kota Pangkalpinang

jam-buka-perpustakaan-pangkalpinang

  • Hari Senin - Kamis buka pada jam 08.00 WIB hingga jam 15.30 WIB. 
  • Hari Jumat buka pada jam 08.00 WIB hingga jam 11.30. Lalu layanan istirahat sebentar selama satu jam dan kembali buka pada jam 13.00 WIB hingga jam 15.30 WIB
  • Hari Sabtu, perpustakaan kota pangkalpinang tetap buka pada jam 09.00 WIB hingga jam 14.00 WIB

Untuk hari minggu, perpustakaannya tutup ya.  

Wajib mengisi daftar kunjungan

registrasi-pengunjung-perpustakaan-kota-pangkalpinang

Setiap pengunjung yang datang ke Perpustakaan Pangkalpinang wajib mengisi daftar tamu di komputer yang telah disediakan. Form kunjungannya sederhana berbentuk excel, kita perlu memasukan identitas pribadi seperti nama, usia, asal, dll. 

Setelah mengisi daftar kunjungan, jika membawa tas akan diberikan kunci loker. Sepertinya semua perpustakaan mempunyai SOP yang sama, setiap pengunjung tidak boleh membawa tas ke area baca. 

Koleksi Buku di Perpustakaan Pangkalpinang Apa Saja?

koleksi-buku-perpus-pangkalpinang

Rak-rak buku tersusun rapi di lantai satu, berisikan koleksi buku pendidikan, sejarah, ekonomi, sastra, dan sebagainya.  Lantas kalau mau cari buku supaya lebih cepat bagaimana? apa harus mengecek satu per satu rak? Tentunya perpustakaan di sini sudah dilengkapi sistem yang bernama OPAC (Online Public Access Catalog) . Kita bisa ngecek OPAC di komputer tempat mengisi daftar kunjungan tadi. 

opac-perpustakaan-pangkalpinang

Caranya mudah sekali, tinggal ketik saja kata kunci buku yang hendak kita cari. Contohnya nih ya saya cari buku Ramayana, langsung deh muncul buku dengan judul Ramayana. Selanjutnya cek ketersediaan dan lokasi rak bukunya. Perhatikan nomor panggilnya, itu kan 398 berarti datangi rak nomor 300-400.

Terkadang buku-buku ini tidak berurutan nomornya, namun dapat dipastikan berada di rak yang sama. Jadi kalau bingung tinggal tanya ke petugas saja, mereka dengan senang hati membantu :) 

koleksi-referensi-perpustakaan-pangkalpinang

Selain itu ada juga koleksi referensi di lantai dua. Koleksi ini hanya boleh baca di tempat, tidak bisa dibawa keluar ruangan.

Ada Meja dan Kursi yang Nyaman

co-working-space-perpustakaan-pangkalpinang

Saya tidak menyangka perpustakaan Pangkalpinang sebagus dan senyaman ini. Katanya sih gedung ini baru diresmikan pada 27 Juni yang lalu. Salut deh sama Pemkotnya. Ketika saya datang berkunjung, lantai satu terlihat ramai. Padahal bukan akhir pekan. Saya mengajak ngobrol sama seorang siswa yang lagi duduk membaca, katanya lagi persiapan OSN beberapa minggu ke depan. Wah dik, mudah-mudahan tembus ke Nasional ya. Jangan kayak saya yang cuman sebatas Provinsi. 

Khawatir mengganggu si adik yang lagi serius belajar, saya duduk di pojokan menaruh laptop. Lantas lanjut menyelesaikan pekerjaan. Agak aneh rasanya bekerja di bidang sosial media kantor, belum terbiasa. 

Musola dan Toilet Ada di Lantai Dua

musola-dan-toilet-perpustakaan-pangkalpinang

Untuk umat muslim yang ingin beribadah salat, bisa naik ke lantai dua. Selain itu perpustakaan Pangkalpinang juga mempunyai fasilitas penunjang seperti aula atau ruang pertemuan, lalu ada juga ruang komputer yang bisa digunakan pengunjung. Wah mantap nih, komplit banget fasilitasnya

Ada Ruang Khusus untuk Anak-anak

ruang-anak-perpus-pangkalpinang

ruang-khusus-anak-anak-perpustakaan-pangkalpinang
Untuk yang membawa anak-anak, perpustakaan Pangkalpinang juga memiliki ruang khusus yang dilengkapi dengan meja, kursi, dan peralatan main sederhana. Terdapat juga koleksi buku anak-anak di ruangan tersebut. Saya tidak bisa lebih jauh mengulasnya, soalnya ada keterangan hanya anak-anak dan pendamping yang boleh masuk :)

Tata Tertib Perpustakaan Pangkalpinang

  • dilarang merokok
  • dilarang membawa dan memakai narkoba
  • dilarang berisik
  • dilarang membawa tas ke  area baca
  • dilarang membawa senjata tajam
  • dilarang makan di ruangan
  • berpakaian bebas pantas

Apakah Bisa Meminjam Buku di Perpustakaan Pangkalpinang?

cara-meminjam-buku-di-perpustakaan-pangkalpinang
Saya yakin pembaca artikel ini menantikan heading paragraf ini. Apakah bisa minjam buku dan dibawa pulang ke rumah? Bisa, namun kita harus menjadi anggota terlebih dahulu. Untuk daftar jadi anggota kalian bisa mendatangi meja layanan informasi lalu mengisi formulir pendaftaran anggota. Setelah itu kalian akan dibuatkan kartu anggota, baru setelah itu kalian bisa meminjam buku. 

Lama waktu kalian dapat meminjam koleksi adalah selama satu minggu. Jika ingin memperpanjang durasi peminjaman, kita harus datang kembali dan konfirmasi ke petugas. 

Demikian ulasan kunjungan pertama saya ke Perpustakaan Kota Pangkalpinang. Semoga bermanfaat.  Selanjutnya mungkin bakal nyoba berkunjung ke Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung, Perpus Sungai Liat, dll di Pulau Bangka. Eh, di Pangkalpinang ada komunitas baca tidak ya? Mau gabung kalau ada :)

You May Also Like

0 komentar