One Day Trip Bromo dari Malang

by - 7/26/2024 12:00:00 PM

one-day-trip-bromo-dari-malang

Bus Agra Mas tiba di terminal Arjosari pukul tujuh pagi setelah perjalanan panjang dua belas jam dari Jakarta. Cerita sebelumnya bisa baca pada : Review Bus Agra Mas Jakarta Malang.  Jika ingin berangkat ke Bromo, banyak orang menyarankan waktu terbaik adalah momen sunrise atau matahari terbit. Jarak  sunrise point bromo dari pusat Kota Malang sekitar dua atau tiga jam perjalanan, tergantung tingkat kemacetan. 

Hah? memangnya ke Bromo ada macet? betul, kalau kalian berangkat ke Bromo pada saat musim libur atau akhir pekan siap-siap saja terkena macet. Oleh karena itu, kebanyakan agen tour berangkat dari Kota Malang pada jam satu dini hari untuk menghindari kemacetan jeep di Bromo. Lalu saya sarankan jangan mendadak mencari agen tour atau sewa jeep ketika musim libur, pasti susah banget dapatnya, itupun harus waiting list menunggu ada yang batal berangkat. 

Kami berdua memilih agen tour compas petualang, ada beberapa paket yang ditawarkan seperti hunting milky way, one day trip sunrise bromo, hingga private trip. Saat itu kami memilih paket one day trip sunrise bromo, harganya 300 ribu sudah termasuk dokumentasi. Untuk ulasan lengkapnya di paragraf bawah saja ya. Mau share cerita eksplor singkat kota Malang dulu. 

Explore Kota Malang sebelum berangkat ke Bromo

toko-oen-di-malang

kuliner-wajib-di-malang-toko-oen

Karena kami baru bisa check in penginapan pada jam dua siang, maka kami memutuskan untuk eksplor kota malang sebentar. Masalahnya hingga tiba di Kota Malang, saya belum dapat rental motor jadinya untuk mobilitas kami terpaksa sewa grab atau gocar. Padahal niat saya mau ngajakin dia ke Coban Rondo, setelah itu kulineran di Kota Batu. 

Baiklah harus ada plan b, jadinya kami hanya kulineran saja di Kota Malang. Tujuan pertama ke Rawon Nguling Malang lalu lanjut ke toko Oen Malang. Mendekati pukul 12 siang, kami beranjak menuju penginapan.  

Rekomendasi Penginapan Backpacker di Malang

so-boutiqe-hostel-untuk-backpacker-di-malang

Kami menginap di SO Boutiqe Hostel yang berada di Jl Mojopahit, Kiduldalem, Klojen. Salah satu penginapan rekomendasi untuk para backpacker di Malang. Tersedia kamar bertipe hostel yang cukup murah, waktu itu saya memesan lewat tiket.com sebesar 130 ribu rupiah untuk satu orang. Bentuknya ranjang bertingkat yang berisi hingga delapan ranjang dalam satu kamar. Mirip seperti kamar asrama.

Kalau musim libur panjang seperti ini penginapan cepat penuh, waktu itu kamar yang saya pilih adalah kamar campur, perempuan dan laki-laki digabung.  Hah serius, mana boleh kayak gitu? untuk kamar-kamar seperti ini sering kita jumpai di tempat-tempat wisata populer, sebelumnya saya memesan tipe kamar yang serupa ketika traveling ke Banda Neira, Dieng, dan Labuan Bajo. 

penginapan-backpacker-di-malang

Untuk privasi, harusnya sih aman-aman saja ya. Sudah ada sekat horden di tiap ranjang. Cocok buat para backpacker yang ingin menghemat budget. Untuk fasilitas umum tersedia toilet, kamar mandi, air hangat dispenser, ruang santai, dan terdapat mini coffee di lantai bawah. 

Stafnya SO Boutiqe Hostel juga ramah. Kami diperbolehkan mandi, lalu beristirahat sebentar di ruang santai, sembari menunggu waktu check in. Saya berangkat salat jumat terlebih dahulu di masjid dekat alun-alun. Khotibnya ceramah pake bahasa jawa pula :D. 

Selesai salat jumat, kami berdua hanya berdiam di penginapan. Istirahat, merebahkan badan setelah perjalanan panjang dari Jakarta dan lanjut keliling Malang setengah hari. Pada malam hari pukul 20.30 an, kabar mengejutkan dan menggembirakan itu datang. Nama saya masuk ke dalam daftar pegawai yang mutasi ke tempat kerja baru. Kabar itu datang berbarengan dengan trip bromo malam itu. 

Rekomendasi agen tour bromo satu hari

rekomendasi-one-day-trip-bromo

Pukul 12 malam, saya dihubungi oleh tim compas petualang. Mobil Sigra berwarna putih tiba menjemput kami di SO Boutiqe Hostel. Rupanya malam itu banyak para backpacker dari berbagai daerah menginap di sana, tujuan mereka sama yaitu ingin melihat sunrise di Bromo. 

Salah satu poin plus dari tim Compas Petualang adalah ketepatan waktu penjemputan. Mereka mengantisipasi kepadatan pengunjung sehingga menjemput kami lebih awal. Mobil sigra membawa kami menuju tempat jeep, lama perjalanan sekitar satu jam. Kami berkumpul terlebih dahulu untuk briefing, satu mobil jeep akan diisi oleh enam orang. kami berdua duduk di samping pak sopir sementara empat orang lainnya di kursi belakang.

kemacetan-jeep-di-bromo

Waktu tempuh menuju spot sunrise sekitar tiga jam. Benar saja, ketika berada di lautan pasir terlihat ramai sekali jeep yang hendak menuju spot sunrise. Syukurlah kami tidak terjebak macet ketika berangkat. Namun pas pulangnya hahaha, ampun dah hampir satu jam menunggu antrian.

Spot Sunrise Bromo

Ada banyak spot melihat sunrise di Bromo, seperti bukit cinta, penanjakan, dan kingkong. Dua kali saya ke Bromo, dua-duanya spot sunrise yang dipilih adalah Bukit Kingkong yang berada paling jauh dari kedua spot lainnya. 

masjid-di-bukit-kingkong-bromo

Kami salat subuh dulu di masjid yang berada di dekat parkiran. Buhhh, airnya dingin sekali. Makanya wajib bawa baju dan jaket polar ketika hendak ke Bromo. Saya sarankan juga membawa sarung tangan dan kupluk. 

sewa-kuda-di-bromo

Setelah melihat matahari terbit, mobil jeep akan beranjak menuju spot widodaren, tempat parkir menuju kawah bromo, spot gunung batok, bukit teletubis, dan pasir berbisik. Rata-rata semua paket open trip menuju ke tempat-tempat ini.  Trip ke Bromo berakhir sekitar pukul satu siang. Kami diantar kembali ke tempat semula.

Untuk kembali ke Jakarta, kami kembali menggunakan bus double decker agra mas. Bus berangkat pada hari sabtu pukul empat sore. Makanya penting sekali untuk menyusun itinerary perjalanan supaya kita bisa memperkirakan waktu yang tepat. 

Itinerary Explore Malang dan Bromo dari Jakarta

23 Mei 2024

pukul 19.00 - 07.00 = perjalanan menggunakan bus agra mas Jakarta Malang

24 Mei 2024

07.00 - 12.00 = explore kota malang, kulineran rawon dan toko oen.

12.00 -21.00 = istirahat, free time keliling melihat landmark kota malang

21.00 - 24.00 = persiapan berangkat ke bromo

25 mei 2024 

00.30 - 01.30 = perjalanan dari penginapan menuju basecamp jeep (disusun oleh pihak open trip)

01.30-04.00 = perjalanan menuju spot sunrise bukit kingkong (disusun oleh pihak open trip)

04.00-11.00 = eskplor bromo

13.00 - 14.00 = diantar kembali menuju penginapan (disusun oleh pihak open trip)

14.00 - 15.00 = mandi, makan siang, dan persiapan kembali ke jakarta

15.00 - 16.00 = menuju terminal arjosari

16.00 - 04.30 = perjalanan dari Malang menuju Jakarta.

26 Mei 2024

pukul 10.00 = pesawat teman ke Pangkalpinang

Mudah-mudahan gambaran itinerary di atas dapat membantu kalian yang berencana ke Bromo dari dan luar Jakarta.

You May Also Like

0 komentar